Pendaftaran Saham


Untuk mendaftarkan sahamnya, perusahaan harus memenuhi syarat-syarat bursa yang menyangkut besarnya perusahaan, lamanya bisnis yang telah dilakukan, catatan tentang laba, dan jumlah saham yang beredar serta nilai pasarnya. Pada umumnya, jika dilihat dari syarat-syarat NYSE, persyaratan-persyaratan untuk mendaftarkan saham semakin ketat.

Keputusan untuk mendaftar saham berada di tangan perusahaan itu sendiri. Biasanya saham suatu perusahaan baru dan kecil diperdagangkan di pasar bebas dengan alas an bahwa aktivitasnya belum layak untuk diperdagangkan di pasar lelang. Jika perusahaan mulai tumbuh dan menghasilkan laba, jumlah pemegang saham juga bertambah, dan jumlah pemegang saham juga bertambah, maka dapat diputuskan untuk mendaftar saham di salah satu bursa regional. Untuk sampai ke NYSE, suatu perusahaan harus masuk dalam kategori salah satu perusahaan besar.

Kebanyakan orang berpendapat bahwa mendaftarkan saham memberikan manfaat baik bagi perusahaan maupun pemegang saham. Perusahaan yang terdaftar memperoleh sejumlah publikasi dan iklan gratis, di samping itu prestise dan reputasinya akan meningkat. Bursa surat berharga mempertahankan agar daftar yang dipublikasikan memberikan manfaat kepada perusahaan dalam bentuk penurunan tingkat hasil pengembalian (ROR) yang diperlukan bagi saham biasa perusahaan.

Dengan pemberian berbagai manfaat kepada investor melalui pendaftaran saham perusahaan, bersrti dapat dianggap para manajer keuangan memperkecil biaya modal (Cost Of Capital) perusahaan.

Oleh

Anggi AP

Tinggalkan komentar